Detail Cantuman Kembali

XML

1421 SAAT CHINA MENEMUKAN DUNIA


BANGSA mana yang pertama kali mengarungi lautan sampai ke ujung dunia, dan menemukan Dunia Baru? Banyak orang, pasti akan menjawab; bangsa Eropa. Karena, setiap orang sudah mengenal kisah pelayaran para pelaut Eropa --yang dicatat sejarah-- sebagai penjelajah tangguh dunia.

Bartolomeu Diaz (1450-1500) dicatat meninggalkan Portugal 1487 sebagai "orang pertama" yang mengelilingi Tanjung Harapan. Pelayaran Diaz itupun, 10 tahun kemudian diikuti Vasco Da Gamma (1469-1525) menyebrangi Samudra Hindia menuju India; membuka jalur perdagangan rempah-rempah pertama lewat laut. Selain dua pelaut itu, Columbus juga dianggap 'orang pertama' yang melihat Dunia Baru, daratan Bahama modern, menjelajahi Asia, menemukan kepulauan Karibia serta Amerika Tengah. Pun Magellan dicatat sebagai orang yang menemukan selat antara lautan Atlantik dan Pasifik.

Tapi, jika pertanyaan itu diajukan kepada Gavin Menziez, maka ia akan menjawab lain. Bagi mantan perwira British Royal Navy ini, Diaz, Gama, Columbus dan Magellan tidak menemukan "daratan baru". Saat berlayar, mereka telah membawa petunjuk yang dipetakan bangsa China tujuh puluh tahun sebelum Columbus dan seabad sebelum pelayaran Magellan. Tesis Menziez itulah yang ditulis di dalam buku 1421; Saat China Menemukan Dunia ini.
GAVIN MENZIES - Personal Name
951.13
979-3064-28-5
Sejarah
Buku
Indonesia
Alifia (Alvabet)
2006
Jakarta
xiv,505 hal.
LOADING LIST...
LOADING LIST...