Detail Cantuman Kembali

XML

Ringkasan shahih al-bukhari


sekitar 300.000 hadis Nabi SAW, yang berhasil dihimpun oleh Al-Bukhari ditelitinya kembali secara cermat, baik dari segi sanad maupun matannya. Sehingga yang tersisa hanyalah yang dianggapnya sahih seperti yang terkodifikasi di dalam “Shahih Al-Bukhari” sebanyak 9 jilid.

Tanpa jasa Al-Bukhari, kaum muslimin akan kehilangan sekian banyak hadis Rasulullah SAW, tetapi atas kehendak Allah SWT. hadis-hadis tersebut diselamatkan-Nya melalui Al-Bukhari yang kesahihannya ditempatkan pada urutan pertama oleh jumhur ulama dibanding dengan kitab-kitab hadis yang lain. Kemudian disusul oleh “Shahih Muslim” pada urutan kedua yang sebagian hadisnya juga diterimanya dari Al-Bukhari.

Dari sekian banyak hadis yang dihimpun oleh Al-Bukhari itu berhasil diringkas oleh Al-Imam Zainudin Ahmad bin Abd Al-Lathif Az-Zabidi dengan nama “At-Tajriid Ash-Sharih li Ahaadits Al-Jaami’ Ash-Shahih” yang lebih populer dengan sebutan “Mukhtashar Shahih Al-Bukhari” ( Ringkasan Shahih Al-Bukhari) berisi 2230 hadis. Dan kini terjemahannya dalam bahasa Indonesia telah hadir di hadapan pembaca.
Imam az-Zabidi - Personal Name
297.1241 .5
agama
Buku
Indonesia
pustaka amani
2002
Jakarta
Ixiii, 1070 hal.
LOADING LIST...
LOADING LIST...